Menkominfo Apresiasi Upaya Meliterasi Masyarakat di Era Digital

Menteri Kominfo Rudiantara saat arahan Peluncuran Buku Literasi Seri 3.0 di Gedung Kominfo.

Jakarta, Ditjen Aptika – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara menyampaikan apresiasi atas upaya semua pihak dalam meliterasi masyarakat di era digital saat ini dalam acara Peluncuran Buku Literasi Digital 3.0 di Gedung Kominfo, Jakarta, Senin (01/04/2019).

“Apresiasi ini saya sampaikan kepada semua pihak. Seperti diantaranya Komunitas Siberkreasi yang terdiri dari Kementerian/Lembaga, Perusahaan Swasta, LSM, Artis, Guru, mahasiswa, dll. Juga Komunitas seperti Saka Milenial Kwarda Pramuka Jawa Tengah. Dimana telah berupaya untuk melakukan literasi digital kepada masyarakat agar lebih pandai dalam memilih dan memilah informasi dan konten yang positif. Masyarakat pun diajarkan untuk dapat memanfaatkan alat digital sebagai nilai tambah dalam proses belajar digital,” ujar Menkominfo.

Dilanjutkan oleh Menkominfo bahwa program-program seperti literasi digital ini haruslah bersifat efektif dan inovatif. Efektifitasnya harus terlihat dari masyarakat yang terdampak atas literasi digital. Inovatifnya adalah jika ternyata masyarakat tersebut terliterasi secara otodidak atau belajar sendiri.

“Mengingat sebagian besar masyarakat saat ini lebih banyak mengakses internet melalui gawai, sehingga harus ada upaya lain. Upaya ini bisa berupa kerja sama dengan operator telepon seluler, yaitu dengan mengirimkan pesan pelanggan untuk mengarahkan mereka mengunjungi website yang positif sebagaiĀ  ruang belajar di dunia digital,” kata Rudiantara.

Upaya pemerintah seperti literasi digital bisa disebut dengan upstream yaitu langkah awal atau di hulu. Di midstream berupa penindakan di dunia maya, seperti take down akun-akun palsu, memblokir atau membatasi situs website yang mengandung konten yang melanggar UU ITE. Upaya diĀ downstream berupa penindakan di dunia nyata oleh aparat penegak hukum agar pelaku agar jera.

Ketiga upaya tersebut harus berbarengan dilakukan, terutama di level upstream atau meliterasi masyarakat agar dengan bijak dalam memanfaatkan kecanggihan teknologi, ketika mereka menerima dan membagikan kembali informasi.

Dalam rangkaian Acara Peluncuran Buku Literasi Digital 3.0 tersebut disosialisasikan juga program unggulan Kementerian Kominfo, diantaranya School of Influencer, Pandu Digital, Republic of Thing (RIoT), Seleksi Nasional Produk TIK “idenTIK” 2019, dan Saka Milenial Kwarda Pramuka Jawa Tengah. (hel)