Media Sosial Berperan Vital Hadirkan Negara

Malang, Ditjen Aptika – Media sosial (medsos) meningkatkan keterlibatan masyarakat. Setiap instansi  berkolaborasi untuk meningkatkan sentimen positif pemerintah.

“Seperti pesan Pak Presiden, bagaimana menghadirkan negara kepada masyarakat. Di sini media sosial memiliki peran vital. Antar unit kerja pemerintah berkolaborasi dalam penggunaan medsos untuk saling memperkuat,” kata Staf Khusus Kementerian Kominfo Bambang Irawan saat acara Forum Sinergi Kehumasan Kominfo di Onsen Resort Batu, Malang, Sabtu (27/3/2019).

Mengutip hasil survei Hootsuite “The Social Government Benchmark Report 2018”, 55% responden menyatakan medsos bermanfaat untuk memahami kebutuhan warga negara. Selain itu, kata Bambang, 52% menyebut medsos meningkatkan sentimen positif pemerintah. “Contohnya dulu kasus ‘yang gaji kamu siapa’, dampaknya bertahan berbulan-bulan bahkan terasa sampai sekarang,” ungkapnya.

Lanjut Bambang, banyaknya informasi dari kementerian perlu dipelajari agar relevan dengan kebutuhan masyarakat. Hal ini sejalan dengan tujuan medsos, yaitu meningkatkan keterlibatan warga negara. Sedangkan untuk meningkatkan peran medsos, setiap instansi pemerintah perlu memperhatikan 3K: koordinasi, kolaborasi, dan konten.

Sementara itu perwakilan Ditjen Aplikasi Informatika, Siswoko, menyampaikan berbagai media tersedia untuk menyampaikan aspirasi masyarakat. Seperti Twitter, Instagram, AduanKonten dan website. “Pemerintah harus siap menerima segala keluhan. Biro Humas perlu membuat standar agar penyampaian informasi satu kata satu bahasa,” pesannya.

Sedangkan perwakilan dari Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik, Andi Muslim, menjelaskan akun medsos djikp di Twitter, Instagram, dan Facebook. “Ada 19 relawan admin tersebar di Setditjen dan Direktorat. Mereka siap menyampaikan setiap kegiatan melalui kanal-kanal yang tersedia,” katanya. Sesuai Inpres 19 Tahun 2015, Ditjen IKP bertugas menyampaikan kebijakan dan program pemerintah kepada publik.

Forum Sinergi Kehumasan tersebut diadakan untuk meningkatkan koordinasi seluruh unit kerja di Kementerian Kominfo. Hadir di forum ini pengelola publikasi dan media sosial di lingkungan Kominfo, yaitu Biro Humas, Ditjen SDPPI, Ditjen PPI, Ditjen Aptika, Ditjen IKP dan BAKTI. (mhk)

Print Friendly, PDF & Email