Seleknas “IdenTIK”, Wadah Kompetensi Gali Potensi TIK Anak Bangsa

Jakarta, Ditjen Aptika – Seleksi Nasional Produk TIK “IdenTIK” 2019 merupakan program pengembangan dari ID.UP, sebuah wadah kompetisi untuk menggali potensi produk TIK karya anak bangsa yang mampu unjuk gigi di mata dunia.

IdenTIK dan AICTA adalah sarana sekaligus ajang kompetensi untuk mendorong pertumbuhan pelaku industri lokal serta tersedianya perangkat lunak dari pengembang lokal yang berkualitas dan siap bersaing pada kawasan ASEAN dan global.

Kategori lomba Seleknas “Identik”, diantaranya :

  1. Start-Up Componay (STC);
  2. Digital Content (DLC);
  3. Coporate Social Responsibility (CSR);
  4. Private Sector (PRV);
  5. Public Sector (PUB);
  6. Research and Development (RND).

Dan berikut rencana agenda kegiatan Seleknas “IdenTIK” 2019, yaitu:

  1. 1 April 2019 : Konferensi Pers Peluncuran Seleknas “IdenTIK” sekaligus pembukaan pendaftaran;
  2.  2 April – 17 Mei 2019 : Sosialisasi mengenai kategori lomba oleh Komite Juri di beberapa kota, yaitu Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Makassar, Surabaya dan Bali;
  3. 20 Juni 2019 : Penutupan pendaftaran Seleknas “IdenTIK”2019;
  4. 24 – 25 Juni 2019 : Proses penjurian perlombaan dan penetapan Finalis Seleknas 2019;
  5. 25 Juni 2019 : Pengumuman pemenang lomba.

Komite juri pada Seleknas “IdenTIK” 2019 adalah Shinta Laksmi (Diplo – Geneva Internet Platform), Djarot Subiantoro (Aspiluki), Eko K Budiarjo (Fasilkom – Universitas Indonesia), Didik Partono Rudiarto (Inixindo), Barry Simorangkir (Citra Optimal) dan Yudho Giri Sucahyo (Isoc Indonesia Jakarta Chapter).

Setelah ditetapkan sebagai finalis Seleknas “IdenTIK” 2019, peserta yang terpilih akan dibawa ke Ajang AICTA. AICTA (Asean ICT Award) adalah program dan proyek prestisius yang disetujui oleh Menteri-menteri telekomunikasi negara ASEAN. AICTA bertujuan untuk menjadi tolak ukur kesuksesan dalam hal inovasi dan kreativitas.

Melalui AICTA akan mendapatkan kesempatan bisnis dan mempromosikan hubungan dagang sambil meningkatkan kekuatan ICT Asean, baik secara lokal maupun regional. Tahun ini, penyelenggaraan AICTA rencananya akan dilaksanakan di Laos pada bulan Juli 2019.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Seleknas “IdenTIK” 2019 dapat mengunjungi website www.identik.id. (hel)

Print Friendly, PDF & Email