Orang Tua Cerdas, Filter Bagi Anak di Era Digital

Pembukaan Acara Smart School Online di Kantor Kemendikbud (14/3)

Jakarta, Ditjen Aptika – Era Digital memberi kemudahan bagi masyarakat mengakses konten media secara cepat. Sebagai orang tua kita dituntut lebih cermat dan cerdas sebagai filter bagi anak-anaknya.

Menurut Mariam F. Barata, Direktur Tata Kelola Aplikasi Informatika, menyambut era digital ini mendidik dan memberikan contoh baik bagi anak adalah sebuah kewajiban bagi orangtua. Hal tersebut dapat mencegah seorang anak terjerumus ke dalam hal-hal negatif.

“Orang tua itu ibarat cermin, cermin yang akan menggambarkan seorang anak, karena apa yang diajarkan oleh orang tua pasti dicerminkan oleh anaknya. Namun dalam mendidik seorang anak di era digital para orang tua harus cerdas sehingga seorang anak tidak merasa terkekang atau terpaksa,” ucap Mariam saat acara Smart School Online di Kemendikbud Jakarta, Kamis (14/03/2019).

Selanjutnya Mariam menjelaskan bahwa setidaknya ada lima hal yang perlu dicermati orang tua agar dapat menjadi filter yang baik di era digital saat ini.

  1. Lingkungan Memiliki Pengaruh Besar Pada Tumbuh Kembang Anak
    Lingkungan adalah cikal bakal pengetahuan anak dari apa yang ia lihat, ia rasakan dan ia pelajari, entah itu baik ataupun buruk. Pengaruh pertama dan paling utama yaitu lingkungan, karena dari lingkungan yang baik seorang anak akan membiasakan diri atau beradaptasi dengan hal positif yang lambat laun akan menjadi kebiasaan mereka.
  2. Pastikan Anak Bisa Menerima Pendidikan Agama dan Moral yang Baik
    Indonesia adalah negara yang memiliki keberagaman dalam memeluk agama dan secara garis besar semua agama mengajarkan hal yang baik. Merupakan sebuah kewajiban utama bagi orang tua untuk mengenalkan seorang anak untuk mempercayai Tuhan, agar anak memiliki iman dan pedoman untuk menjalani hidup.
  3. Memberi Kasih Sayang dengan Cara yang Cerdas
    Perkembangan tekhnologi di era digital membuat orang tua memberikan fasilitas penunjang kepada anak seperti smartphone, komputer dan lainnya. Hal seperti itu tidak selamanya buruk, orangtua yang cerdas bukan mereka yang memberikan semua fasilitas tersebut, tetapi mereka yang sadar akan porsi kebutuhan anak terhadap fasilitas tersebut dan dapat menjadi filter yang baik.
  4. Kebersamaan dalam Keluarga itu Penting
    Momen kebersamaan dalam keluarga merupakan salah satu faktor penunjang dalam mendidik anak, entah itu liburan bersama, makan malam bersama, atau hanya sekedar berkumpul menghabiskan waktu di akhir pekan. Kebersamaan keluarga mencerminkan sebuah keluarga yang harmonis dan dari kebersamaan itu pula anak belajar tentang kehidupan bersosial.
  5. Kepercayaan antara Anak dan Orang Tua
    Orang tua tidak mungkin memberikan pengawasan selama 24 jam penuh terhadap anaknya, untuk itu perlu adanya kepercayaan antara orang tua dengan anak. Kepercayaan orang tua terhadap anak itu semacam memberikan sugesti pada diri sendiri bahwa anak tidak akan melakukan hal yang negatif meskipun tanpa pengawasan dari orang tua secara langsung.

Sebagai penutup Mariam memberikan tips kepada para peserta yang hadir bahwa dalam kurun waktu tertentu kita perlu melakukan digital detox, yaitu suatu masa dimana seseorang menahan diri untuk tidak menggunakan perangkat elektronik seperti smartphone atau komputer sebagai salah satu kesempatan mengurangi stres dan fokus pada interaksi sosial di dunia nyata. (lry)

Galery Foto Acara Smart School Online

Pembukaan Acara Smart School Online
Pembukaan Acara Smart School Online
« 1 of 5 »