Facebook, Instagram dan Whatsapp Alami Gangguan Hari Ini

Jakarta, Ditjen Aptika – Platform media sosial Facebook, Instagram dan Whatsapp dilaporkan mendapatkan gangguan secara global. Para pengguna dari berbagai negara termasuk Indonesia mengeluhkan mereka mengalami kendala saat memposting konten media sosial tersebut.

Bahkan menurut sejumlah pengguna, fitur-fitur utama seperti instagram stories, direct message, dan tombol untuk mempublikasi konten baru juga tidak bisa digunakan. Gangguan ini terjadi pada Kamis, (14/3/2019) dini hari waktu Indonesia atau pukul 1 siang waktu Amerika Serikat.

Melalui akun resmi Twitternya, Facebook sendiri belum menjelaskan penyebab gangguan, tetapi mereka mengonfirmasi bahwa gangguan ini bukan disebabkan oleh adanya serangan DDoS.

“Kami menyadari bahwa beberapa orang saat ini mengalami masalah untuk mengakses kumpulan aplikasi milik Facebook, kami sedang bekerja untuk mengatasi masalah ini secepat mungkin. Kami fokus untuk mengatasi masalah ini dengan cepat, tapi kami bisa memastikan bahwa gangguan ini tidak disebabkan oleh adanya serangan DDoS,” tulis pengelola Facebook pada akun Twitter resmi yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Layanan Instagram dan Facebook di Indonesia juga disinyalir terkena dampak dari masalah ini. Beberapa akun melaporkan terjadi sejumlah masalah yang berbeda-beda, seperti muncul tulisan “couldn’t refresh feed” di Instagram dan Facebook, terjadi freeze ketika mengoperasikan aplikasi, hingga tidak dapat posting foto/video pada feed Instagram maupun Instagram stories.

Sementara untuk layanan Whatsapp dilaporkan bahwa pengguna tidak dapat mengirimkan atau meneriman sebuah foto ataupun video, tapi masih dapat mengirimkan atau menerima pesan teks atau file yang berbentuk dokumen (docs).

Beberapa pegawai di lingkungan Ditjen Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo pun ikut merasakan gangguan tersebut. Salah seorang pegawai mengeluhkan bahwa dirinya tidak dapat mengirimkan file-file foto melalui aplikasi Whatsapp sehingga pekerjaannya terhambat. Ada pula pegawai yang mengeluhkan mengenai aplikasi Instagram-nya yang tidak bisa di-refresh.

Gangguan seperti ini sebelumnya juga pernah terjadi pada tahun 2017 lalu, saat itu sejumlah pengguna melaporkan tidak dapat mengakses aplikasi dan tak dapat berkirim pesan satu sama lain. Kondisi tersebut langsung direspon cepat oleh para netizen, mereka ramai-ramai merespon gangguan ini dengan tagar #facebookdown dan #instagramdown. (lry)