Pusat Data Nasional di IKN Bakal Wujudkan Kota Pintar Terintegrasi

Jakarta, Ditjen Aptika –  Isu mengenai Ibu Kota Negara (IKN) banyak diberitakan media selama 24 jam terakhir. Pusat Data Nasional (PDN) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang ditargetkan terealisasi pada 2024 nantinya akan mendorong Pemerintahan berbasis sistem digital agar dapat mewujudkan kota pintar atau smart city yang terintegrasi.

“Kementerian Kominfo tengah menyiapkan pembangunan pusat data nasional (PDN) sebagai infrastruktur yang akan mendorong layanan SPBE, yang tentunya juga akan diterapkan di IKN. Dalam rencananya, PDN akan berlokasi di 4 kota di Indonesia, salah satunya adalah di IKN,” kata Juru Bicara Kementerian Kominfo Dedy Permadi mengenai konsep pengelolaan kota pintar Nusantara kepada ANTARA dikutip dari mediaindonesia.com, Senin (21/02/2022).

Selain sistem data yang terintegrasi untuk Pemerintah baik di tingkat nasional dan daerah, nantinya kehadiran PDN juga memungkinkan semakin banyak kota- kota di Indonesia menjadi kota pintar atau smart city berbarengan dengan upaya pemerintah menghadirkan jaringan mumpuni setidaknya jaringan 4G di 3T dan bisa meningkatkan cakupan jaringan 5G.

Jurus Kominfo Dorong Investasi Data Center RI

Dirjen Aptika, Semuel A. Pangerapan saat mengikuti Konferensi Pers virtual terkait kerja sama Indonesia dengan Uni Eropa, di Ops Room Kominfo, Selasa (13/4).

Isu lain masih seputar Pusat Data Nasional (PDN), Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informasi, Samuel Abrijani mendorong kemudahan aturan investasi data center di Indonesia. Diharapkan pembangunan data center didekat pusat-pusat pangkalan data sehingga lebih efisien, aman dan ketersediaan infrastruktur.

Seperti apa strategi dan insentif pemerintah mendorong penguatan bisnis data center di Indonesia? Selengkapnya simak dialog Dian Mirza dengan Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informasi, Samuel Abrijani dalam Profit, dikutip dari cnbnindonesia.com, Senin (21/02/2022). (hth)

Print Friendly, PDF & Email