Pelantikan Pejabat Fungsional di Jajaran Ditjen Aplikasi Informatika

Prosesi Pelantikan Pejabat Fungsional Ditjen Aplikasi Informatika di Gedung Serbaguna Kemkominfo (26/06/20).

Jakarta, Ditjen Aptika – Penyederhanaan birokrasi menjadi dua level struktural telah dimulai di jajaran Ditjen Aptika, Kementerian Komunikasi dan Informatika.

“Penyederhanaan ini adalah perintah yang harus dijalani sehingga kita harus menyesuaikan. Birokrasi nantinya akan menjadi lebih dinamis. Performa dan kerja sama menjadi kunci dalam bekerja,” ujar Dirjen Aplikasi Informatika, Semuel A. Pangerapan saat pelantikan Jabatan Fungsional Ditjen Aptika yang diadakan secara daring melalui aplikasi Zoom, Jumat (26/06/20).

Dirjen Semuel saat memimpin pengucapan sumpah pejabat fungsional di jajaran Ditjen Aptika (26/6).

Sebagaimana diketahui, penyederhanaan birokrasi merupakan amanat yang disampaikan Presiden RI Joko Widodo saat pelantikan pada 20 Oktober 2019. Jabatan administrator (eselon III) dan pengawas (eselon IV) akan dialihkan menjadi jabatan fungsional menurut keahlian dan kompetensi yang sesuai.

“Penerima jabatan fungsional diibaratkan gigi mesin dari suatu proses. Apabila salah satu hilang atau tidak berfungsi akan menjadi tidak seimbang. Jadi harapannya, penerima jabatan fungsional dapat menjalankan tugas sesuai fungsinya dalam menjalankan birokrasi,” kata Semuel lebih lanjut.

Menyambung pelantikan ini, nantinya akan ada pola baru dalam pelaksanaan tugas dari struktural menjadi fungsional. “Pemberian kewenangan akan diterbitkan dan disesuaikan dengan tugas masing-masing penerima jabatan fungsional,” pungkas Dirjen Semuel.

Dirjen Aptika (tengah) bersama saksi dan perwakilan pejabat fungsional di Ruang Serbaguna Kemkominfo (26/6).

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) melalui Surat Edaran Nomor 384 Tahun 2019 mendorong seluruh instansi pemerintah melaksanakan langkah-langkah strategis dan konkret untuk percepatan penyederhanaan birokrasi.

Perampingan birokrasi tersebut dimaksudkan untuk mewujudkan birokrasi yang dinamis, lincah (agile), dan profesional dalam upaya peningkatan efektifitas dan efisiensi guna mendukung kinerja pemerintah kepada publik.

Pelantikan tahap pertama ini dihadiri oleh 53 pegawai melalui aplikasi Zoom, diwakili oleh satu orang dari setiap direktorat secara fisik dengan mematuhi protokol physical distancing. Pelantikan tahap berikutnya akan diadakan mengikuti kelengkapan administrasi.

Tampilan layar Pelantikan Pejabat Fungsional Ditjen Aptika melalui aplikasi Zoom (26/6).

Turut hadir dalam pelantikan tersebut, rohaniawan dari masing-masing agama, Sekretaris Ditjen Aptika Sadjan dan Direktur Tata Kelola Ditjen Aptika Mariam F. Barata. (pag)

Print Friendly, PDF & Email