Dorong Perkembangan Ekosistem Digital, Direktorat LAIP Adakan Sosialisasi dan Bimtek Aplikasi PSE Lingkup Publik dan Aplikasi Mail Pemerintahan

Para peserta Sosialisasi dan Bimtek Aplikasi PSE Lingkup Publik dan Aplikasi Mail Pemerintahan yang diselenggarakan Direktorat LAIP (30-31/10/24).

Bandung, Ditjen Aptika – Direktorat Layanan Aplikasi Informatika Pemerintah (LAIP), Kementerian Komunikasi dan Digital kembali sukses menggelar acara Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Aplikasi PSE Lingkup Publik dan Mail Pemerintah  pada tanggal 30-31 Oktober 2024 di Kota Bandung.

Acara yang dihadiri 22 peserta secara luring dan 40 peserta secara daring yang berasal dari berbagai instansi dan Dinas Komunikasi dan Digital Kota/Kabupaten di seluruh Indonesia ini digelar sebagai langkah nyata koordinasi untuk mewujudkan keterpaduan pembangunan dan pengembangan Aplikasi Pendaftaran Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Publik dan Aplikasi Mail Pemerintahan sebagaimana yang termuat dalam Peraturan Presiden No. 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE).

Dalam sambutannya Direktur Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan Aris Kurniawan, S.Sos,. M.Comn. secara daring menyatakan bahwa acara ini merupakan langkah nyata untuk lebih mendorong ekosistem digital ini menjadi lebih matang tentunya dengan banyak hal, seperti menyiapkan infrastruktur, menyiapkan regulasinya dan juga menyiapkan sumber daya manusianya. Maka acara ini menjadi upaya kolaborasi bersama menuju cloud Government.

Adapun sosialisasi dan bimtek Pendaftaran Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Publik adalah upaya untuk lebih memperkenalkan pemanfaatan aplikasi ini kepada penggunanya yaitu pemerintah pusat maupun daerah. Aplikasi PSE Lingkup Publik merupakan Aplikasi yang digunakan oleh Instansi Pemerintah Pusat dan Daerah (IPPD) untuk mendaftarkan Sistem Elektronik yang mereka miliki dan bertujuan untuk memberikan perlindungan bagi pengguna layanan digital di Indonesia dan memastikan platform yang digunakan sesuai dengan standar nasional dalam pengelolaan data dan keamanan.

Acara yang dihadiri 22 peserta secara luring dan 40 peserta secara daring yang berasal dari berbagai instansi dan Diskomdigi Kota/Kabupaten di seluruh Indonesia.

Sementara itu Bimtek Aplikasi Mail Pemerintahan memperkuat sosialisasi pemanfaatan Mail Pemerintahan sebagai layanan surat elektronik yang diperuntukan bagi aparatur sipil negara (ASN) sesuai dengan Surat Edaran Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 06 Tahun 2013. Beberapa layanan mail yang termasuk ke dalam Mail Pemerintahan ini antara lain mail.go.id, desa.mail.go.id, dan multidomain.go.id. Khusus mail desa diperuntukan bagi perangkat desa.

Chairina, Ketua Tim Inovasi, Pengembangan dan Harmonisasi Layanan dan Aplikasi SPBE, Direktorat LAIP mengatakan pentingnya diadakan bimtek ini karena kedua layanan tersebut dibutuhkan baik di masyarakat maupun pemerintahan itu sendiri. Diharapkan dengan adanya bimtek ini kedua layanan tersebut dapat berjalan dengan baik dan optimal untuk masyarakat.

Peserta Bimtek, Titi Jayati dari Dinas Komunikasi dan Digital Kabupaten Mesuji menyampaikan bahwa wadah ini sangat positif memberikan peningkatan layanan digital, “Bagi kami, untuk peningkatan layanan digital khususnya Kabupaten Mesuji tentunya ini hal yang sangat diharapkan. Ini menjadi momentum kami untuk bertanya dan diskusi dapat bekal, berguna untuk kami dapat menyamakan persepsi dengan pemerintah pusat”.

Harapannya dengan diadakannya kegiatan ini pemanfaatan Aplikasi Pendaftaran Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Publik dan Aplikasi Mail Pemerintahan lebih maksimal dan berorientasi untuk kepentingan layanan masyarakat dan bermuara pada terciptanya ekosistem digital yang lebih aman, terkendali, dan sesuai dengan kepentingan nasional di era digital.

Print Friendly, PDF & Email