Ikuti Bimbingan Teknis Tahap IV Penyusunan Masterplan Smart City Kabupaten Gianyar Makin Mantap Menuju Kota Cerdas!

Setda Kabupaten Gianyar, I Dewa Gede Alit Mudiarta yang mewakili PJ Bupati Kabupaten Gianyar bersama para stakeholder Kabupaten Gianyar menandatangani komitmen bersama menuju Gianyar Smart City (5/9/24).

Kab. Gianyar, Ditjen Aptika – Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali makin memantapkan diri menuju kota cerdas dengan mengikuti Bimbingan Teknis Tahap IV penyusunan masterplan smart city yang diselenggarakan oleh Direktorat Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan pada 4-5 September 2024.

Bimtek tahap IV ini merupakan tahapan terakhir dari rangkaian bimtek penyusunan masterplan smart city yang telah digelar sejak bulan juni 2024 lalu. Acara ini dihadiri secara langsung maupun daring oleh 176 peserta yang mewakili berbagai unit kerja di lingkungan pemerintah Kabupaten Gianyar dan lembaga lain yang terkait.

Setda Kabupaten Gianyar, I Dewa Gede Alit Mudiarta yang mewakili PJ Bupati Kabupaten Gianyar menyampaikan bahwa sesuai dengan visi Gianyar Smart City tahun 2025-2034, dibutuhkan langkah strategis yang efektif dengan mempertimbangkan analisis yang mendalam terhadap masa depan kesiapan daerah serta rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) dan rencana kerja pembangunan daerah (RKPD). Strategi pembangunan smart city Kabupaten Gianyar telah dilakukan dengan memfokuskan diri pada berbagai dimensi yang meliputi smart governance, smart economy, smart environment, smart branding, smart society, dan smart living. Dengan demikian strategi yang dirancang tidak hanya mencakup aspek teknologi namun juga akan memperhatikan aspek sosial, ekonomi, dan lingkungan yang berkelanjutan. Akhirnya diharapkan Kabupaten Gianyar menjadi  smart city berkelanjutan dan memberikan kualitas hidup yang lebih baik bagi masyarakat sekaligus mampu meningkatkan daya saing daerah.

Ditambahkan pula oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gianyar, Anak Agung Gde Raka Suryadiputra yang menyampaikan bahwa target yang ingin dicapai dari seluruh rangkaian bimtek satu hingga empat adalah tersusunnya masterplan smart city dari Kabupaten Gianyar dan juga terjadinya kesepakatan bersama dengan seluruh pihak untuk melaksanakan program smart city di Kabupaten Gianyar. Harapannya masterplan yang sudah tersusun kedepannya bisa terlaksana dan bisa diimplementasikan bersama.

Kabupaten Gianyar semakin mantap menuju kota cerdas usai ikuti rangkaian Bimtek penyusunan masterplan smart city IV (4-5/9/24).

Selama pelaksanaan rangkaian bimtek masterplan smart city ini, Kabupaten Gianyar telah berhasil menyusun program quick win dan peta jalan smart city untuk sepuluh tahun kedepan dengan partisipasi yang sangat baik dari stakeholder dan perwakilan UPD di seluruh Kabupaten Gianyar. Hal ini disampaikan oleh Fitrah Rachmat Kautsar selaku pembimbing dan tenaga ahli dalam bimtek ini

Salah satu peserta, Nyoman Bidi Sastra Sedana dari Dinas Perpustakan dan Kearsipan Kabupaten Gianyar merasa bimtek ini sangat efektif untuk memahami apa itu smart city,  dan bagaimana menyusun peta jalan serta rencana aksi smart city di Kabupaten Gianyar.

Diharapkan dengan berhasil disusunnya masterplan smart city, kabupaten Gianyar makin siap menjadi kota cerdas yang implementasinya bisa memberi dampak dan manfaat yang besar bagi masyarakat Gianyar juga mendorong pertumbuhan ekonomi dan kemajuan di Kabupaten Gianyar.

Print Friendly, PDF & Email