Kemkominfo Melalui Direktorat Ekonomi Digital Mengembangkan Digitalisasi Sektor Budidaya Perikanan

Implementasi Adopsi Automatic Feeder untuk Perikanan Budidaya, di Sukabumi, Rabu (12/06/2024).

Sukabumi, Ditjen Aptika – Potensi pendapatan dari sektor maritim di Kabupaten Sukabumi tergolong besar, terutama dalam sektor budidaya perikanan. Untuk memanfaatkan potensi ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berkolaborasi dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi, Dinas Kominfo Kabupaten Sukabumi, dan eFishery untuk mengembangkan transformasi digital bagi para pembudidaya.

Program pembudidaya digital di Sukabumi merupakan hasil kolaborasi dengan startup eFishery dan mendapat dukungan dari Direktorat Jenderal Budidaya, KKP, yang menjadi leading sektor maritim. Implementasi Adopsi Automatic Feeder dapat membantu pembudidaya dalam memberikan pakan, meningkatkan efektivitas pemberian pakan, mengoptimalkan penggunaan pakan, serta mengurangi pemborosan pakan, sehingga meningkatkan potensi penghasilan bagi pembudidaya. Manfaat dari teknologi ini dapat menjaga kualitas air, optimalisasi pemberian pakan tepat waktu dan beragam. Selain itu efisiensi waktu dan tenaga.

Apresiasi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika kepada para peserta.

Para pembudidaya yang bergabung dengan program ini akan menjadi lebih produktif dan efisien, serta mampu menghasilkan ikan berkualitas tinggi dengan nilai jual yang meningkat. Program ini diharapkan menjadi proyek percontohan yang dapat berlanjut untuk membentuk ekosistem perikanan budidaya yang berkelanjutan, menghasilkan produk berkualitas tinggi, dan membantu meningkatkan kesejahteraan pembudidaya kecil.

Print Friendly, PDF & Email