Jakarta, Ditjen Aptika – Isu mengenai literasi digital masih ramai diberitakan media. Media mengangkat pernyataan Digital Marketing Expert, Andri Hadi Prasetia Utama bahwa banyak milenial dan influencer yang gemar membuat akun YouTube dan TikTok.
“Sebagai milenial yang cakap digital, kita bisa mengeksplorasi inovasi atau kemampuan diri dalam bermedia digital,” ujar dikutip dari Beritasatu.com, Senin (04/07/2022).
Melalui media digital setiap orang diberikan keleluasaan dan kebebasan dalam mengakses informasi, komunikasi, dan bertransaksi.
Sebagai respons untuk menanggapi perkembangan TIK tersebut, Kemkominfo bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi melakukan kolaborasi dan mencanangkan program Indonesia Makin Cakap Digital.
Program ini didasarkan pada empat pilar utama literasi digital yakni Kemampuan Digital, Etika Digital, Budaya Digital, dan Keamanan Digital. Melalui program ini, 50 juta masyarakat ditargetkan akan mendapat literasi digital pada tahun 2024. (pag)