Kolaborasi Pandu Digital dan Gradasi Lewat Kampoeng Digital

Kordinator Pandu Digital Kemkominfo, Bambang Tri Santoso saat menyematkan secara simbolis pandu kehormatan kepada Kadis Kominfo Surakarta, Kentis, yang mewakili Walikota Surakarta (15/04).

Surakarta, Ditjen Aptika – Pandu Digital Kementerian Kominfo berkolaborasi dengan komunitas Generasi Digital Indonesia (Gradasi) melakukan pemberdayaan pada sejumlah lokasi Kampoeng Digital.

“Kominfo siap berkolaborasi dengan semua komunitas untuk melakukan literasi digital berbasis masyarakat demi mempercepat transformasi digital. Seperti kolaborasi yang kami lakukan bersama Gradasi ini,” kata Kordinator Pandu Digital Kementerian Kominfo, Bambang Tri Santoso, saat membuka Roadshow Pemberdayaan Pandu Digital di Surakarta, Kamis (15/04/2021).

Kolaborasi lintas stakeholder dan keterlibatan semua pihak dari pusat hingga daerah, lanjutnya, sangat diperlukan untuk mencapai keberhasilan transformasi digital nasional. Pandu Digital akan membantu pemberdayaan pada Kampoeng Digital yang telah dibentuk Gradasi.

Pada tanggal 15 April 2021 Pandu Digital memulai secara serentak roadshow pemberdayaan di lima titik lokasi Kampoeng Digital, yakni Kota Sabang, Kabupaten Aceh Besar, Pulau Batam, Kota Surakarta, dan Kota Pontianak.

“Tentu kami tidak akan berhenti di sini. Pandu Digital akan melanjutkan roadshow pemberdayaan pada titik-titik lokasi lainnya. Kami akan terus menjangkau langsung masyarakat dengan program pemberdayaan literasi digital di masyarakat,” jelas Bambang.

Lihat juga: Targetkan 10 Ribu Anggota Baru, Pandu Digital Gelar ToT Pertama di NTB

Koordinator Pandu Digital Kemkominfo, Bambang Tri Santoso saat membuka acara pemberdayaan pandu digital di Surakarta (15/4).

Mengenai Kampoeng Digital yang dibentuk oleh Gradasi, Bambang menyambut baik karena nantinya tempat itu akan dikelola oleh rekan-rekan Pandu Digital Surakarta juga.

“Saya melihat banyak UMKM yang memiliki potensi tapi masih harus dibina, salah satunya mengenai pengemasan produk dan foto produk. Di sini peran pandu digital untuk melatih para pelaku UMKM memanfaatkan TIK guna mengembangkan usahanya,” pungkasnya.

Pada kesempatan itu Kemkominfo turut memberi apresiasi dengan menyematkan tanda pandu kehormatan bagi pemerintah daerah dan tokoh masyarakat yang mendukung, membina dan menfasilitasi pandu digital di kampung-kampung digital Gradasi.

Sementara itu Ketua Umum Gradasi, Muhammad Sidiq K. Tomsio melaporkan dari lima titik lokasi roadshow yang digelar serentak, mendapat dukungan dan sambutan yang baik oleh pemerintah daerah masing-masing.

Bahkan di Kalimantan Barat dihadiri langsung oleh Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji dan Walikota Pontianak Edi Rusdi Kamtono.

“Demikian juga di Kota Surakarta, penyematan pandu digital kehormatan diserahkan kepada Walikota Surakarta melalui Dinas Kominfo Kota Surakarta yang hadir mewakili. Harapannya Kota Surakarta akan mendukung Pandu Digital sebagai pendamping digital di masyarakat,” tutur Sidiq.

Kepala Dinas Kominfo Surakarta, Kentis Rahmawati (15/04).

Kepala Dinas Kominfo Surakarta, Kentis Rahmawati, yang mewakili Walikota Surakarta sangat mengapresiasi kehadiran Kampoeng Digital Gradasi di Surakarta. Menurutnya kehadiran Kampoeng Digital sesuai dengan visi Presiden Joko Widodo terkait dengan percepatan transformasi digital.

Lihat juga: Pandu Digital Ajarkan Warga Surakarta Memulai Bisnis Daring

“Semoga di Kota Surakarta akan semakin banyak tumbuh kampung digital dan pemberdayaan pandu digital agar membawa dampak yang lebih baik. Semoga kampung ini akan lebih melek digital,” harap Kentis.

Acara dilanjutkan dengan pemberdayaan oleh pandu digital batch merah kepada para warga kampung digital. Para peserta diajari dua materi, yaitu bagaimana memulai bisnis melalui platform Google Bisnisku dan bagaimana mengemas desain produk yang baik. (lry)

Pemberdayaan Pandu Digital Surakarta
Peserta pemberdayaan di titik pertama
« 2 of 14 »
Print Friendly, PDF & Email