Definisi
Pandu Digital adalah pihak yang membantu Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam melaksanakan kegiatan yang sedang berjalan (on-boarding).
Cakupan Pekerjaan
- Membantu Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam melaksanakan kegiatan on-boarding
- Merekam dan menyerahkan data yang UMKM peroleh selama pelaksanaan kegiatan
Bagian-bagian pada tim Pandu Digital terbagi menjadi tiga, yaitu tim Awareness, On-Boarding, dan Standby dengan pembagian tanggung jawab sebagai berikut:
Alur komunikasi kegiatan Pandu Digital Grebeg Pasar UMKM Go Online dapat dilihat pada skema berikut:
Tim Awareness Pandu Digital mulai melakukan kegiatan Peningkatan Kesadaran Pelapak dengan alur sebagai berikut:
- Pandu Digital menerima pengarahan dan dokumen, seperti klasifikasi produk, direktori UMKM, dan denah bangunan dari Koordinator Lapangan;
- Pandu Digital mulai mendatangi para UMKM dan memberikan penjelasan mengenai UMKM Go Online;
- Pandu Digital mulai meningkatkan awareness UMKM;
- Pandu Digital mencatat UMKM tersebut untuk ditanya lagi nanti;
- Pandu Digital meminta formulir on-boarding ke UMKM, Pandu Digital memasukkan data UMKM sesuai ketentuan dari Marketplace, Pendaftaran UMKM sukses dilakukan;
- Pandu Digital memberikan informasi, tantangan, hambatan kepada Koordinator Lapangan;
- Pandu Digital kembali ke UMKM yang telah on-board, Pandu Digital memastikan pelapak telah mengupload barang yang akan dijual dengan deskripsi yang sesuai;
- Koodinator Lapangan mencatat informasi , tantangan, hambatan dari Pandu Digital; dan
- Koordinator Lapangan mengkompilasi seluruh informasi, tantangan, hambatan dari semua Pandu Digital.
Tim On-Boarding Pandu Digital mulai melakukan kegiatan Pemasukan Pelapak ke dalam Marketplace dengan alur sebagai berikut:
- Pandu Digital menerima pengarahan dan dokumen seperti klasifikasi produk, direktori UMKM, dan denah bangunan dari Koordinator Lapangan;
- Pandu Digital mencatat UMKM tersebut, Pandu Digital meminta formulir on-boarding ke UMKM, Pandu Digital memasukkan data UMKM sesuai ketentuan dari Marketplace, Pendaftaran UMKM sukses dilakukan;
- Pandu Digital memberikan informasi, tantangan, hambatan kepada Koordinator Lapangan
- Di setengah hari terakhir di pasar, Pandu Digital kembali ke UMKM yang telah on-board, Pandu Digital memastikan pelapak telah mengupload barang yang akan dijual dengan deskripsi yang sesuai;
- Koodinator Lapangan mencatat informasi, tantangan, hambatan dari Pandu Digital;
- Koordinator Lapangan mengkompilasi seluruh informasi, tantangan, hambatan dari semua Pandu Digital.
Tim Standby Pandu Digital mulai melakukan kegiatan Peningkatan Kesadaran dan Pemasukan Pelapak ke dalam Marketplace dengan alur sebagai berikut:
- Tim Standby menerima pengarahan dan dokumen, direktori UMKM, dan denah bangunan dari Koordinator Lapangan;
- Tim Standby mengajak para UMKM untuk on-board ke marketplace melalui microphone;
- Apabila UMKM tidak tertarik untuk masuk ke dalam marketplace, Tim Standby menulis data diri UMKM tersebut, Tim Standby memberikan data UMKM tersebut kepada Tim Awareness, Tim Awareness memasukkan data UMKM tersebut ke dalam database, Tim Awareness mendatangi UMKM tersebut mengikuti proses yang telah ditentukan sebelumnya;
- Apabila UMKM tertarik untuk masuk ke dalam marketplace;
- Tim Standby memasukkan data UMKM ke dalam formulir yang telah disediakan, Pandu Digital mendaftarkan UMKM ke dalam Marketplace, Pandu Digital memasukkan data UMKM sesuai ketentuan Marketplace, Pendaftaran UMKM sukses dilakukan;
- Tim Standby memberitahukan kelompok UMKM Pasar X yang dikepalai oleh Bukalapak untuk demonstrasi aplikasi dan pertanyaan lanjutan;
- Tim Standby memberikan informasi, tantangan, hambatan kepada Koordinator Lapangan;
- Koodinator Lapangan mencatat informasi, tantangan, hambatan dari Tim Standby; dan
- Koordinator Lapangan mengkompilasi seluruh informasi, tantangan, hambatan dari semua Tim Standby.
Terdapat 4 metode yang dilakukan untuk meningkatkan kompetensi Pandu Digital yaitu, keynote, seminar, roleplay/simulasi, dan sesi tanya jawab. Penjelasannya sebagai berikut: