Sejarah Ditjen Aptika

Departemen Komunikasi dan Informatika (Depkominfo) berdiri sesuai Keputusan Presiden Nomor : 10 Tahun 2005 tentang Unit Organisasi dan tugas Eselon I Kementerian Negara RI sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Presiden No.15 Tahun 2005. Depkominfo kemudian diubah menjadi Kementerian Komunikasi dan Informatika sejak berlaku UU Nomor : 39/2008 yang dipertegas melalui Peraturan Presiden No 47/2009 tentang Pembentukan dan Organisasi Kementerian Negara.

Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika (Ditjen Aptika) yang pada awalnya Ditjen Aplikasi Telematika (Ditjen Aptel) didirikan dalam rangka pengembangan Information and Communication Technology (ICT) yang efektif di Indonesia. ICT tidak dapat dilepaskan dari unsur 3C, yakni : Communication, Computer, dan Content yang kemudian digagas sebagai logo Kemenkominfo yang merupakan susunan tiga huruf C dalam gradasi warna biru.

Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika (Ditjen Aptika) dibentuk sesuai dengan amanat Peraturan Kementerian Kominfo Nomor 6 Tahun 2018 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Komunikasi dan Informatika. Ditjen Aptika memiliki tugas menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang penatakelolaan aplikasi informatika.

Struktur baru Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika terdiri dari Sekretariat Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika, Direktorat Tata Kelola Aplikasi Informatika, Direktorat Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan, Direktorat Pemberdayaan Informatika, Direktorat Ekonomi Digital, dan Direktorat Pengendalian Aplikasi Informatika.