Tanda Tangan Elektronik

1. siVION

Melalui Sistem Verifikasi Online (SiVION), Ditjen Aplikasi Informatika menyediakan sertifikat digital kepada pemohon yang menjadi validasi baginya untuk menggunakan tanda tangan digital dalam melakukan transaksi di sistem penyelenggara sistem elektronik. Validasi sertifikat digital akan langsung dilakukan (real time) pada masing-masing Penyelenggara Sertifikasi Elektronik (PsrE) Berinduk penerbit sertifikat (Root Certification Authority/Root CA).

Tujuan kegiatan Sistem Verifikasi Identitas Online Nasional (SiVION) adalah membangun infrastruktur kunci publik nasional untuk mewujudkan pelaksanaan UU ITE Pasal 11 tentang tanda tangan elektronik yang memberikan kekuatan hukum dan akibat hukum yang sah bagi transaksi dan dokumen elektronik, serta mewujudkan PP PSTE pasal 41 dan 59 tentang Kewajiban Penggunaan Sertifikat Elektronik bagi Seluruh Layanan Publik.

Dalam rangka mengembangkan ekosistem bertransaksi online yang aman serta mendukung proses digitalisasi dengan memanfaatkan penggunaan sertifikat elektronik di lingkungan pemerintah maupun pelayanan publik, sangat penting bagi siVION untuk memperoleh kepercayaan publik dengan cara membangun sistem yang aman, memiliki akuntabilitas dan berintegritas dengan melaksanakan langkah-langkah pengembangan tertentu guna mencapai target capaian kerja dari Sub- Direktorat Pengendalian Penyelenggara Sertifikasi Elektronik.

Apabila anda tertarik untuk bergabung dengan Tanda Tangan Digital, maka dapat langsung mendaftar dengan membuka website SiVION di http://www.sivion.id

2. PrivyID

PrivyID didirikan di Jakarta pada tahun 2016 dan telah terdaftar dan diakui Kementerian Komunikasi dan Informatika. PrivyID memiliki otoritas untuk sertifikat elektronik dan tanda tangan elektronik bagi warga negara Indonesia. Seluruh tanda tangan elektronik yang dibuat dengan aplikasi PrivyID memiliki kekuatan dan akibat hukum yang sah selayaknya tanda tangan basah. Keamanan informasi data pengguna aplikasi PrivyID terjamin melalui penggunaan teknologi asymmetric cyrptography.

Menjadi penyelenggara identitas elektronik dengan subyek hukum yang akuntabel untuk melindungi data pribadi dan kepentingan pengguna ketika melakukan transaksi digital. Melalui integrasi dengan PrivyID, penyedia layanan digital bisa mencegah para pengguna jasanya membuat lebih dari satu akun. PrivyID mengklaim telah bekerja sama dengan berbagai perusahaan besar di industri lain seperti telekomunikasi, multifinance, dan pusat perbelanjaan. Marshall Pribadi yang kini menjabat sebagai CEO dan Guritno Adi Saputra yang kini menjabat sebagai CTO adalah dua orang yang berperan di balik kehadiran layanan PrivyID.

Cara Kerja PrivyID

  1. Pengguna diharuskan untuk mengunggah foto dari KTP. Di samping itu, berbagai jenis data pribadi seperti alamat email, nomor telepon, tanda tangan, hingga informasi tempat bekerja dan riwayat pendidikan.
  2. Data-data tersebut akan diverifikasi dan dipetakan kembali secara unik oleh PrivyID. Contohnya, data NIK pengguna akan langsung di match-kan dengan data yang ada di pemerintah. Satu-satunya kekurangan dalam hal verifikasi data bila calon pengguna memiliki dua NIK yang terdaftar, maka pengguna bisa membuat lebih dari satu akun PrivyID.
  3. Sisi keamanan PrivyID sudah menerapkan AES (Advance Encryption Standard) 256-bit untuk setiap dokumen yang ditandangani. Bila ada perubahan yang tidak dilakukan oleh pengguna, maka dokumen yang ditandangani bisa dideteksi menjadi tidak valid – baik itu dari PrivyID atau vendor lain.

Apabila ingin mendaftar dapat langsung mengunjungi website https://privy.id

3. Digisign

Merupakan brand dari PT. Solusi Net Internusa yang khusus bergerak di bidang Tanda tangan Elektronik (Digital Signature) & Penyelenggara Sertifikat Elektronik (CA-Certificate Authority). Digisign lahir dari hampir 20 tahun pengalaman di industri pembayaran nasional, yang mana pada saat itu mengelola switching payment dan perlu ada security lebih untuk transaksi-transaksi yang ada. Digital Signature bukan hanya untuk Document Signing tetapi juga Transaction Signing untuk lebih menjamin keamanan dari sebuah transaksi. Didukung oleh keotentikan data pribadi atau entitas pelanggan yang ter-registrasi dan ter-verifikasi melalui proses Know Your Costumer (KYC) baik secara online ataupun offline dan juga disertai fungsi anti penyangkalan. Digisign dapat dikunjungi melalui alamat berikut https://digisign.id

Digisign hadir menghadirkan solusi :

  • Memangkas Cost dari jumlah kertas dokumen yang digunakan (Paperless & GoGreen).
  • Mempermudah dalam mendistribusikan dokumen bertanda tangan ke lokasi berbeda.
  • Memangkas Cost Pendistribusian berbagai pihak.
  • Dokumen elektronik yang telah ditandatangani dijamin akan keaslian penanda tangannya (Nir-sangkal).
  • Keamanan dokumen elektronik terjamin karena dilengkapi dengan teknologi algoritma asimetris & enkripsi yang handal demi menjaga kenyaman & keamanan masing-masing pihak.

4. Peruri Sign

Peruri Sign merupakan platform yang dimiliki Peruri untuk menjamin kerahasiaan data (confidentiality), melindungi integritas isi dokumen (data integrity), menjamin keaslian data (authentication) dan jaminan nirsangkal (non-repudiation) dari suatu dokumen elektronik sehingga dapat diketahui keabsahan dan keasliannya.

Digital signature merupakan tanda tangan yang terdiri atas informasi elektronik yang dilekatkan, terasosiasi atau terkait dengan informasi elektronik lainnya yang digunakan sebagai alat verifikasi dan autentikasi. Fitur sekuriti ini dapat dimanfaatkan sebagai sebuah bukti dari adanya identitas suatu pihak yang dapat menunjukkan subjek hukum pihak tersebut. Digital signature diimplementasikan pada sertifikat elektronik sehingga dokumen elektronik yang ditransaksikan dapat diketahui keabsahan dan keasliannya.