Grebeg Pasar

Grebeg Pasar merupakan rangkaian kegiatan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Go Online sebagai salah satu program prioritas Ditjen Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika. Direktorat yang bertanggung jawab terhadap program Grebeg Pasar adalah Ekonomi Digital. Kemkominfo bekerja sama dengan Shopee dan Bukalapak untuk memberikan sosialisasi kepada Pandu Digital dan Relawan TIK untuk membimbing UMKM daerah dalam go online.

Tujuan Kegiatan

  1. Membantu pelaku usaha mikro dan kecil di pasar-pasar rakyat untuk digitalisasi usaha (onboarding);
  2. Melakukan literasi dan edukasi teknis kepada pelaku usaha mikro dan kecil dalam pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi;
  3. Memberi konsultasi administrasi dan teknis kepada pelaku usaha mikro dan kecil tentang pengembangan usaha berupa manajemen produk, pemotretan produk dan pembuatan pembukuan usaha;
  4. Memberi dorongan atau stimulasi bisnis kepada pelaku usaha mikro dan kecil untuk aktif dalam transaksi online; dan
  5. Mendapatkan data pelaku usaha mikro dan kecil yang valid untuk dijadikan bahan perencanaan, evaluasi dan monitoring bagi pemerintah guna merancang peraturan undang-undang keamanan dan kenyamanan dalam transaksi digital.

Peserta Kegiatan

Peserta dari kegiatan Grebeg Pasar adalah pelaku usaha mikro, kecil dan menengah terutama yang terkonsentrasi di pasar-pasar rakyat di Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Lokasi Penyelenggaraan Kegiatan

Kegiatan Grebeg Pasar dilaksanakan di Kota/Kabupaten di Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, dimana di setiap kota/kabupaten diambil 6 titik pasar-pasar rakyat.

Target Pencapaian

Target pencapaian satu kota mencapai minimal 2 ribu pedagang pasar/pelaku UMKM di satu Kota/Kabupaten.

Tim Pengelola Kegiatan

Sebagai pengelola kegiatan, bertugas menghubungkan seluruh stakeholder. Mulai dari persiapan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi kegiatan serta memberikan laporan lengkap kepada pemberi kegiatan, direktorat Ekonomi Digital Kemkominfo.

Kualifikasi Tim Fasilitator

SDM pelaksana yang membantu pedagang pasar dan pelaku UMKM untuk masuk sebagai penjual di marketplace. Dengan kualifikasi:

  1. Usia > 18 tahun, laki-laki atau perempuan;
  2. Mampu berkomunikasi dan memiliki kepribadian yang menarik;
  3. Memiliki kemampuan data entry di komputer dan menjalankan fungsi Internet;
  4. Bersedia ditempatkan di pasar tradisional atau sentra UMKM; dan
  5. Sabar dan ulet dalam mencapai target.

Tanggung Jawab Tim Fasilitator

  1. Mengikuti proses seleksi dan pelatihan;
  2. Melaksanakan kegiatan di bawah koordinasi team pengelola selama rentang waktu terbatas (15 hari);
  3. Bekerja sesuai target dan melaporkan aktivitasnya kepada team pengelola;
  4. Melakukan pendampingan kepada pedagang pasar dan pelaku UMKM untuk onboarding; dan
  5. Menjaga kerahasiaan data peserta yang bergabung ke dalam program ini.
Tim Pandu Digital Grebeg Pasar di kota CirebonĀ 

Persyaratan Target Onboarding

  1. Pedagang pasar yang memiliki usaha dan produk yang dijual;
  2. Memiliki e-mail dan nomor kontak aktif;
  3. NPWP dan Nomor Rekening Bank untuk transaksi;
  4. Alamat/domisili yang jelas;
  5. Barang/produk yang dijual merupakan barang kering / awet dan tidak rentan kerusakan saat proses delivery;
  6. Menjual barang dan produk yang tidak membahayakan kesehatan; dan
  7. Mau belajar dan terbuka pada informasi baru.