Gerakan UMKM GO Online, Kominfo Gandeng SMK Lakukan Grebeg Pasar

Depok, Ditjen Aptika – Grebeg Pasar adalah salah satu upaya pemerintah membantu transformasi digital bagi pelaku UMKM. Kominfo bersama relawan dan siswa SMK mendampingi pedagang agar mahir bertransaksi online.

“Grebeg Pasar ini merupakan program untuk mengajak para pedagang pasar membuka toko online di salah satu marketplace, seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee dan lainnya,” kata Tim Mentor dari relawan Pandu Digital saat Training Of Trainers (TOT) di SMK Taruna Bhakti Depok, Jum’at (8/2/2019).

Lanjut Tim Mentor, nantinya terdapat beberapa kegiatan, yaitu pembagian flyer, membuka booth pendaftaran, dan berkeliling membantu para UMKM untuk on-boarding di marketplace. Pelaksana lapangan terdiri dari relawan Pandu Digital dan siswa-siswi peserta TOT.

Gerakan UMKM GO Online merupakan program pemerintah dalam rangka pemerataan akses digital di pasar-pasar. Program ini sebagai wujud keberpihakan Kominfo kepada pengusaha UMKM agar dapat meningkatkan usaha dan penghasilan mereka.

Di Kota Depok, Grebeg Pasar akan diadakan di enam pasar, yaitu Pasar Depok Jaya, Pasar Agung, Pasar Segar Cinere, Pasar Segar Depok, Pasar Cisalak, dan Pasar Sukatani. Kegiatan berlangsung dari tanggal 10 hingga 23 Maret 2019.

Kegiatan TOT terlaksana atas kerja sama Direktorat Ekonomi Digital Kominfo, Relawan Pandu Digital, dan SMK Taruna Bhakti Depok jurusan Pendidikan Kreatifitas Kewirausahaan. Peserta TOT ini diharapkan nantinya dapat terus mendampingi pedagang agar mahir dalam melakukan transaksi online. (lucy)

Print Friendly, PDF & Email