Petani dan Nelayan Go Online

Program Petani dan Nelayan Go Online diharapkan dapat memberikan solusi atas permasalahan di sektor pertanian dan perikanan dengan penggunaan teknologi informasi. Kominfo berkolaborasi aktif dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Kementerian Pertanian, serta pengembang aplikasi sektor kelautan, perikanan dan pertanian dalam upaya meningkatkan produktivitas di sektor pertanian dan perikanan sehingga memberikan peluang pertumbuhan ekonomi menjadi bangsa yang mandiri dan mempunyai daya saing tinggi.

Melalui pengembangan dan pemanfaatan Aplikasi Informasi Dasar bagi Nelayan (NELPIN) serta Marketplace Perikanan Online (ARUNA), Kominfo telah memfasilitasi sebanyak 101.544 nelayan, kelompok nelayan maupun koperasi perikanan. Kemudian sebanyak 231.971 petani sudah teregistrasi melalui aplikasi Eragano, 8Villages, TaniHub, LimaKilo, SayurBox dan Crowde. Manfaat utama penggunaan aplikasi/teknologi digital adalah untuk menunjang pengusahaan petani/nelayan serta meningkatkan kinerja sektor pertanian dan perikanan. Sampai dengan tahun 2018, sebanyak 253.507 petani teregister di aplikasi dan 152.813 nelayan teregister di aplikasi.

Dalam upaya untuk memutus rantai ditribusi dan meningkatkan produktifitas di sektor pertanian dan perikanan, Kementerian Kominfo berkolaborasi aktif dengan Kementerian Pertanian, KKP, Bank BUMN, operator telekomunikasi, lembaga pembiayaan non bank, lembaga asuransi serta pengembang aplikasi sektor pertanian, kelautan dan perikanan, antara lain: Eragano, 8villages, Tanihub, Limakilo, dan ARUNA. Program ini diharapkan memberikan peluang pertumbuhan ekonomi menjadi bangsa yang mandiri dan mempunyai daya saing tinggi di tingkat global. Kegiatan ini dilakukan di Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kabupaten Kupang, Sumatera Utara, dan Sulawesi Selatan.