Next Indonesia Unicorn (NextICorn)

A. Penjelasan Program

Nexticorn merupakan ajang pertemuan antara startup terbaik Indonesia, yang telah melalui proses kurasi ketat dengan perusahaan modal ventura dunia. Tujuannya adalah menciptakan unicorn-unicorn baru dari Indonesia. Unicorn adalah startup dengan nilai di atas USD 1 Milyar. Para unicorn ini membantu pertumbuhan ekonomi dengan jalan memberikan kesempatan kerja dan pemerataan pendapatan. Startup yang diseleksi dalam program Nexticorn ini adalah perusahaan berbasis teknologi yang telah memperoleh pendanaan sebesar USD 100.000 atau pendanaan mandiri dengan tingkat pertumbuhan tertentu. Startup juga harus terdaftar, berbadan hukum baik PT maupun PMA, dan memiliki sekurangnya satu pendiri berkebangsaan Indonesia dengan kepemilikan saham sebesar 25%.

Melalui pertemuan-pertemuan di Nexticorn, para startup berkesempatan untuk berdiskusi dan mempresentasikan ide dalam rangka memperoleh pendanaan dari para investor global. Sedangkan bagi para investor, pertemuan ini digunakan untuk memetakan kekuatan dan kelemahan para startup sebelum akhirnya terpilih sebagai Unicorn. Saat ini Indonesia sudah memiliki 4 unicorn, yaitu: Gojek, Tokopedia, Traveloka dan Bukalapak. Tahun 2019 ditargetkan 1 unicorn terbentuk, khususnya di sektor financial technology (fintech).

B. Capaian

  • 1st Nexticorn International Summit, Bali 9-10 Mei 2018 menghasilkan 65 startup yang berpotensi untuk mendapatkan funding
  • The Nexticorn H2 Summit, Bali 13-14 Okt 2018 menghasilkan 108 startup yang berpotensi untuk mendapatkan funding