1000 Startup Digital

A. Penjelasan Program

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital adalah sebuah gerakan untuk mewujudkan potensi Indonesia menjadi The Digital Energy of Asia di tahun 2020 dengan mencetak 1000 startup yang menjadi solusi atas berbagai masalah dengan memanfaatkan teknologi digital. Gerakan ini diinisiasi oleh Kementerian Kominfo, didukung oleh instansi lain, masyarakat, dan komunitas diantaranya KIBAR. KIBAR merupakan ecosystem builder yang bertujuan membangun ekosistem teknologi di Indonesia melalui inisiatif-inisiatif pembangunan kapasitas, mentoring, dan inkubasi di berbagai kota.

Sasaran program ini adalah pengembangan kapasitas sumber daya manusia dibidang teknologi informasi dan komunikasi dalam rentang usia 18-40 tahun yang mempunyai niat dan semangat membangun usaha digital / teknopreneur.

B. Tujuan

Untuk meningkatkan motivasi kewirausahaan dan membangun ekosistem Startup di Indonesia sehingga dapat menciptakan Startup Digital baru dan mempercepat perkembangan Startup Digital di Indonesia untuk  meningkatkan transaksi e-commerce secara khusus dan meningkatkan perekonomian ekonomi nasional Indonesia secara umum, dan untuk menjadikan Indonesia sebagai “The Digital Energy of ASEAN”

C. Sasaran

Untuk membangun ekosistem Startup Digital dan  menciptakan 1000 Startup Digital baru yang siap menerima pendanaan awal (seed funding) di tahun 2020, dengan detil Indikator Kinerja Utama atau Key Performance Indicator (“KPI”) sebagai berikut:

  • Tahun 2017: 65 Startup Digital.
  • Tahun 2018: 311 Startup Digital.
  • Tahun 2019: 312 Startup Digital.
  • Tahun 2020: 312 Startup Digital

D. Manfaat

Untuk mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik dan meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing di pasar internasional sehingga bangsa Indonesia bisa maju dan bangkit bersama bangsa-bangsa ASEAN lainnya.  Serta meningkatkan kapasitas inovasi dan penerapan teknologi di masyarakat Indonesia dan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan kualitas produk, daya saing dan produktivitas masyarakat, teknologi penunjang bisnis, dan lapangan pekerjaan baru

E. Penerima Manfaat

  • Masyarakat Indonesia

Solusi nyata dari permasalahan yang dihadapi dapat meningkatkan efesiensi dan produktivitas kehidupan seluruh masyarakat Indonesia

  • Pemerintah pusat dan daerah

Pertumbuhan ekonomi yang didorong oleh meningkatnya transaksi e-commerce, peningkatan lapangan pekerjaan baru untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia di Startup Digital baru, solusi nyata terhadap permasalahan yang dihadapi.

  • Pelaku ekosistem Startup Digital

Pelaku ekosistem Startup Digital, yaitu operator yang mendapatkan bisnis baru, investor yang mendapat peluang investasi di perusahaan Startup Digital yang berpotensial, dan mentor untuk meningkatkan jaringan dan pencitraan mereka

  • Pelaku usaha

Integrasi inovasi dengan Startup Digital yang akan menghasilkan manfaat ekonomi

  • Peserta program

Mendapatkan perubahan pola pikir kewirausahaan dan pembinaan mengenai Startup Digital

  • Penanam modal

Meningkatkan jumlah Startup Digital yang berkualitas yang berpotensi untuk didanai

F. Tahapan Kegiatan

Langkah pertama dimulai dari Ignition, yaitu seminar untuk menanamkan pola pikir entrepreneurship yang menargetkan 8.000 peserta setiap tahunnya. Kemudian, dari peserta Ignition tersebut akan dijaring 4.000 peserta yang layak untuk melanjutkan ke tahap workshop untuk diberikan pembekalan keahlian yang mereka butuhkan dalam membuat sebuah startup digital. Berbekal ilmu dari workshop tersebut, 2.000 peserta akan melanjutkan ke tahap hackathon untuk menghasilkan prototype produk dari ide solusi aplikasi. Setelah itu, 1000 peserta akan memasuki tahap bootcamp, yang merupakan sesi mentoring mendalam untuk menyiapkan strategi peluncuran produk. Terakhir, 200 peserta terpilih akan diinkubasi selama kurang lebih 3 bulan di setiap kota per tahun, sehingga dalam 5 tahun akan tercipta 1.000 startup digital.

 

G. Lokasi Pelaksanaan

H. Fokus Sektor

 

H. Capaian

Pada tahun 2017 jumlah pendaftar adalah sebanyak 30.667 orang, terpilih sebanyak 6.546 orang sebagai peserta. 370 orang mentor, 165 jumlah partner, dan sebanyak 710 peliputan media.

Pada rentang Tahun 2016 hingga Oktober 2018 sudah tercipta 248 Startup Digital yang lolos tahap inkubasi

Website: https://1000startupdigital.id