Berita
Скачать бесплатно шаблоны для Wordpress.
Новые шаблоны DLE 10 на dlepro.ru

Jakarta – Ditjen Aptika bersama dengan Ditjen Perbendaharaan (Kemenkeu) dan Bakti melakukan pembahasan dukungan sarana dan prasarana pengembangan tol data dan big data di Ruang Harmoko, Lantai 2 gedung utama Kemkominfo (25/5).

Dalam pengembangan basis data UMKM yang terintegrasi, Kemenkeu telah membangun sistem informasi kredit program (SIKP) sebagai database UMKM yang menerima penyaluran kredit program (KUR dan Pembiayaan UMi). Sebagai bagian dari SIKP, Kemenkeu telah bekerjasama dengan Kemkominfo melalui BLU BP3TI, akan tetapi belum terintegrasi dengan database UMKM pada Kementrian teknis terkait, sehingga masih banyak overlapping program.

Dirjen Aptika, menyampaikan bahwa inisiasi dari Kemenkeu dalam mebangun database yang terintegrasi dengan big data  yang memanfaatkan teknologi block chain dan tol data. Tentunya akan mendapat dukungan penuh dari Kemkominfo baik itu sarana dan prasarana dan pengembangan pembangunan sistem sehingga nantinya bisa menjadi core system integrasi database UMKM.

Hal ini akan dilaksanakan secara bertahap dan melibatkan seluruh stakeholder terkait, sehingga tercipta database UMKM yang tepat sasaran, menghindari overlapping pembiayaan, mewujudkan efektifitas, serta meningkatkan efesiensi atas program pemerintah yang terkait kepada layanan masyarakat (dana desa, bansos subsidi, dan fasilitas lainnya). (ndi)

My Twitter Updates