Berita
Скачать бесплатно шаблоны для Wordpress.
Новые шаблоны DLE 10 на dlepro.ru

Ditjen Aptika menyelenggarakan Survei Indeks Kesehatan Budaya Organisasi 2018 pada Kamis (31/5) dengan peserta/responden sebanyak kurang lebih 170 orang pegawai Aptika.

Acara dibuka oleh Dirjen Aptika, Samuel A. Pangerapanyang mengatakan bahwa masukan dari seluruh personil Ditjen Aptika selaku responden survey ini, sangat menentukan masukan dan perbaikan ke depannya. Ini merupakan evaluasi Ditjen Aptika secara menyeluruh, sehingga partisipasi dari setiap pegawai sangat diharapkan.

Tahun 2015 telah dilakukan survei indeks kesehatan budaya organisasi Kominfo dengan hasil entropi sebesar 29%, yang artinya AGAK SEHAT, dimana terdapat masalah-masalah signifikan yang memerlukan perhatian segera. Organisasi dinyatakan SEHAT apabila entropinya <10%. Apa itu entropi? Entropi adalah energi yang terpakai untuk kegiatan tidak produktif di sebuah lingkungan kerja. Entropi menunjukan tingkat konflik, friksi dan frustasi.

Hasil survei juga menyatakan bahwa ada 6 hal yang menghambat produktifitas di lingkungan Kominfo, yaitu: birokrasi, kurangnya sumber daya, pengembangan berjalan sendiri-sendiri, kehati-hatian, kebingungan dan persaingan internal.

Survei ini dilaksanakan secara digital dengan batas akhir pengisian oleh responden pada tanggal 3 Juni 2018. Entropi tiap satuan kerja di Kementerian Kominfo adalah sebagai berikut :

  1. SDPPI = 28% (Agak Sehat)
  2. PPI = 27% (Agak Sehat)
  3. IKP = 32% (Tidak Sehat)
  4. ITJEN = 47% (Situasi Kritis)
  5. Badan Litbang SDM = 27% (Agak Sehat)
  6. APTIKA = 36% (Tidak Sehat)
  7. SETJEN =  26% (Agak Sehat)

Upaya perbaikan yang telah dilakukan antara lain pembuatan, pelaksanaan, dan monitoring program change leader. Perubahan-perubahan secara berkelanjutan juga terus dilakukan di setiap satuan kerja, sehingga organisasi kominfo menjadi sehat. (ndi)

 

My Twitter Updates