Berita
Скачать бесплатно шаблоны для Wordpress.
Новые шаблоны DLE 10 на dlepro.ru

Bogor - Kementerian Komifo melalui Ditjen Aptika dan Ditjen IKP melakukan rangkaian kegiatan workshop konsolidasi infrastruktur e-government di Hotel Aston Sentul, Bogor yang terdiri dari tingkat pemerintah daerah bagian wilayah Jawa dan Sumatera (21/05) dan Kementerian/Lembaga (22/05). Acara dibuka oleh Dirjen Aptika, Semuel A. Pangerapan, dan dilanjutkan oleh Direktur e-Government (Firmansyah Lubis), dan Kasubdit Teknologi Infrastruktur (Bambang Dwi Anggono).

Workshop ini bermaksud untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang pengamanan infrastruktur e-government sebagai salah satu bagian dari ekosistem TIK, untuk menunjang pelaksanaan pemerintahan berbasis elektronik. Adapun jumlah peserta kali ini dibatasi hanya sebanyak 70 orang, dan harus pegawai negeri sipil (pada saat menghadiri di buktikan dengan kartu pegawai) serta menguasai teknis di bidang keamanan informasi.

Workshop ini mengupas tentang pengelolaan data centre, kebijakan pengembangan dan konsolidasi data centre nasional guna terwujudnya smart government yang bisa memberikan pelayan terbaik dan menciptakan smart nation/masyarakat yang memiliki pola pikir yang maju. Adapun desain kebijakan e-goverment nasional meramu pengembangan aplikasi generic dan spesifik, integrasi aplikasi layanan public, implementasi infrastruktur e-government secara nasional dan penguatan kapasitas SDM (e-aparatur).

Penekanan dari Dirjen Aptika, Dalam pengembangan data centre terpadu nasional, setiap instansi diarahkan hanya memiliki satu data centre, dan untuk Data Recovery Centre menggunakan data centre Nasional. Peran Kominfo adalah menerbitkan sertifikasi kelaikan terhadap sistem elektronik, termasuk data centre pemerintah.

Ke depan agenda workshop ini diharapkan menjadi agenda nasional, dan berkesinambungan mengingat perkembangan TIK yang sangat cepat dan keharusan pemerintan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat harus adaptif dan mengikuti perkembangan TIK. (ndi)

My Twitter Updates