Berita
Скачать бесплатно шаблоны для Wordpress.
Новые шаблоны DLE 10 на dlepro.ru

Tangerang – Mewakili Menteri Komunikasi dan Informatika, Dirjen Aptika, Semuel A PAngerapan, menjelaskan visi digital economy indonesia  di forum national startup summit 2018 (6/2). Bertempat di ICE BSD Tangerang Selatan, acara national startup summit 2018 dibuka oleh menteri Ristek-Dikti, Mohammad Nasir dan  Handito Joewono, selaku Ketua Penyelenggara National Startup Summit 2018. Menurut Semuel dalam paparannya Indonesia berpotensi untuk menjadi ekonomi terbesar ke- 5 dunia pada tahun 2030. Faktor  bonus demografi dimana jumlah penduduk produktif akan mencapai puncaknya pada tahun 2030. hal ini bisa menjadi berkah , namun juga bisa menjadi bencana jika kita tidak menyiapkannya sumber daya generasi penerus dengan baik untuk menghadapi era digital.

Industri e-commerce di Indonesia tidak hanya mendukung perekonomian tapi juga menjadi tulang punggung Indonesia di era digital ekonomi. Pada 2020, volume bisnis e-commerce di Indonesia diprediksi mencapai USD 130 miliar dengan angka pertumbuhan per tahun sekitar 50%. Pemerintah ingin menempatkan Indonesia sebagai Negara Digital Economy terbesar di Asia Tenggara pada 2020. Untuk mencapai target, pemerintah akan meluncurkan e-Commerce Roadmap dan target 1.000 technopreneurs baru pada 2020 dengan valuasi bisnis USD 10 miliar. 

Dari segi inovasi, economy digital hanya akan melejit jika inovasi-inovasi dari dari model bisnis tercipta dengan kecepatan roket. Modal utamanya adalah sumber daya manusia kreatif. Untuk itu pemerintah telah menciptakan Selain adanya e- Commerce Roadmap, pemerintah menargetkan dapat menciptakan 1.000 technopreneurs baru pada tahun 2020 dengan valuasi bisnis USD 10 miliar. Kondisinya saat ini banyak pelaku bisnis e-commerce pemula baik perdagangan online maupun startup digital dengan ide-ide segar dan inovatif yang kurang memiliki akses atau pendanaan untuk mengembangkan bisnisnya. 

Untuk itu, pemerintah akan mendorong tumbuhnya technopreneurs baru, baik dengan menggandeng mentor-mentor technopreneurs terkemuka, data center, technopark, serta memberikan pendanaan. Sedangkan bagi pelaku bisnis UKM diharapkan mampu naik tingkat menjadi pelaku usaha besar, bahkan menggurita hingga internasional. Tentu target ini bukanlah sekedar angka. Dengan pertumbuhan bisnis online yang begitu pesat, masyarakat Indonesia akan mendapatkan manfaat positif dalam perekonomian seperti pertumbuhan kesejahteraan, pertumbuhan lapangan kerja baru dan lain-lain. Dengan demikian Indonesia tidak lagi sekadar menjadi target pasar bisnis internasional, tetapi sebaliknya dapat menjadi pengusaha e-commerce yang mumpuni hingga menjangkau pasar luar negeri. (son)

 

My Twitter Updates