Berita
Скачать бесплатно шаблоны для Wordpress.
Новые шаблоны DLE 10 на dlepro.ru

Jakarta - Kementerian Kominfo meluncurkan mesin pengais konten negatif atau crawling. Sistem yang diberi nama Cyber Drone 9 ini akan dioperasikan di sebuah ruangan yang bernama Security Operation Center (SOC) di lantai 8 Kementerian Kominfo.

Menurut Ditjen Aplikasi Informatika, Semmuel A. Pangerapan, pada acara serah terima Cyber Drone 9 di Kementerian Kominfo (29/12), sistem ini mampu mendeteksi sekitar 120 ribu situs porno dari Indonesia dari 1,2 juta alamat internet yang di-crawling. Jika dibandingkan dengan sistem penapis konten negatif terdahulu yang hanya mampu menapis 700 ribu lebih situs, sistem ini diharapkan dapat meminimalisir pengaksesan konten negatif di dunia maya.

Hasil tapisan berupa URL dan tautan akan langsung diklasifikasikan oleh sistem baru tersebut, untuk kemudian diverifikasi oleh para agen yang tergabung dalam tim Cyber Drone 9. Cyber Drone 9 terdiri dari agen-agen verifikator yang akan menganalisis hasil dari robot atau drone yang bekerja selama 24 jam non-stop.

Mesin pengais konten negatif ini juga dapat dimanfaatkan oleh lembaga-lembaga pengatur sektor dalam mendukung pelaksanaan tugasnya, seperti konten berbau teroris dengan BNPT. Kemudian OJK untuk konten investasi bodong, BPPOM untuk obat-obatan tidak berizin, penjualan narkoba melalui Internet dengan BNN. (cdp)

My Twitter Updates