Berita
Скачать бесплатно шаблоны для Wordpress.
Новые шаблоны DLE 10 на dlepro.ru

 

Dalam rangka penanganan konten bermuatan negatif di media sosial, Kementerian Kominfo c.q Ditjen Aplikasi Informatika bersama dengan enam platform media sosial seperti Facebook, Twitter, Google, Line, BigoLive, dan LiveMe melakukan upaya pencegahan, antar lain melalui fasilitas safe search dan report button yang harus disediakan oleh platform agar masyarakat dapat aktif turut serta mencegah dan melaporkan apabila menemukan konten negatif pada platform mereka.

Hal tersebut dibahas dalam pertemuan yang diadakan oleh Ditjen Aplikasi Informatika dengan enam platform tersebut di Kementerian Kominfo pada 20 November 2017. Enam platform tersebut diharapkan dapat berkoordinasi dalam upaya pencegahan dan penanganan konten internet negatif khususnya konten pornografi.

Penanganan konten negatif harus dilakukan dari hulu ke hilir. Dari sisi hulu penanganan dilakukan melalui literasi masyarakat, bagaimana membentuk budaya dan perilaku masyarakat. Ditjen Aplikasi Informatika bekerjasama dengan platform untuk membuat program literasi bagi masyarakat agar cerdas bermedia sosial, sehingga penyebaran konten negatif di media sosial dapat diminimalisir.

Sedangkan dari sisi hilir, Dirjen Aplikasi Informatika menyampaikan bahwa platform harus berkolaborasi dalam penanganan konten negatif, selain melalui fitur safe search yang akan menyaring konten berdasarkan keywords yang telah dimiliki oleh sebagian platform. Sedangkan report button merupakan fasilitas bagi masyarakat untuk melaporkan konten negatif. Penanganan konten negatif ditangani oleh tim monitoring konten baik regional maupun di Indonesia.

Selain itu disampaikan juga bahwa masing-masing platform dapat meningkatkan service level mereka, terutama untuk penanganan laporan dari pemerintah dan masyarakat agar bisa ditangani dalam waktu yang lebih cepat. (cdp)

 

My Twitter Updates