Berita
Скачать бесплатно шаблоны для Wordpress.
Новые шаблоны DLE 10 на dlepro.ru

Jakarta - Kementerian komunikasi dan informatika, Ditjen Aptika, melalui direktorat e-Bussiness mengadakan rapat pembahasan tata cara kerja tim panel White list di Milenium Sirih (11/10). System DNS whitelist nusantara tersebut akan melindungi masyarakat khususnya bagi pelajar di tingkat SD, SMP, SMA dan para santri dari konten negatif serta mencegah akses situs eksternal yang dianggap tidak dapat dipercaya dengan menyediakan rekomendasi situs-situs positif. System White list menuju internet  sehingga dapat memperoleh wawasan yang cerdas, kreatif dan produktif.
Dirjen Aptika, Semuel A Pangerapan  menyampaikan bahwa saat ini banyak situs yang mengandung unsur pornografi, perjudian dan pasar gelap  yang jumlahnya sudah mencapai milyaran di internet, akan tetapi data yang telah ada di kominfo baru kurang lebih 700.000,- sehingga saat ini perlu di dilakukan crawling system. Semuel menambahkan Kemenkominfo melalui Ditjen Aptika bisa membantu mengadakan alat Crawling system tersebut yang mana akan memberikan kemudahan dalam memilah dalam menentukan konten positif yang akan ditentukan oleh tim panel whitelist nantinya.

Adapun kriteria data yang dapat dimasukkan kedalam panel white list adalah nama domain yang mewakili situs internet harus bernilai positif atau mengandung unsur pendidikan bagi pengguna internet sesuai dengan kategori yang ditetapkan, tanpa ada satupun kandungan/konten negatif di dalam nya.

Tim Panel terdiri dari  : Dirjen Aptika, Direktur e-Bussiness, PANDI, NAWALA, FTII,kakatu, ID-COP, MUI, Praktisi,Digicop, Kemenag, PB NU, ICMI, serta dari perwakilan dari Kemensos yang menjadi tim panel dalam program System DNS Whitelist Nusantara. Melalui Forum panel melalui rapat panel melakukan kajian berupa penambahan atau pengurangan dan pemilahan/pengkategorian terhadap data yang diberikan oleh tim pengesah data.Kajian dan pemilahan/pengkategorian tersebut dapat didahului oleh proses komunikasi panelis melalui aplikasi online. Hasil tersebut diatas yang akan menjadi data valid yang akan menjadi basis data bagi DNS whitelist.(NDI)

My Twitter Updates


 

0