Berita
Скачать бесплатно шаблоны для Wordpress.
Новые шаблоны DLE 10 на dlepro.ru

 

Jakarta - Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika, yang diwakili oleh Direktur e-Government, Firmansyah Lubis, menghadiri acara Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Infolahta TNI Tahun 2017 yang diselenggarakan oleh Pusat Informasi dan Pengolahan Data TNI di Aula Gatot Soebroto, Denma Mabes TNI Cilangkap (22/03). Acara ini bertemakan “Melalui Rakornis Infolahta TNI Tahun 2017, Kita Optimalkan Pembangunan dan Pengembangan Sistem Informasi TNI Guna Mewujudkan TNI yang Kuat, Hebat, Profesional dan Dicintai Rakyat” dan dihadiri oleh perwakilan dari satuan TNI AU, TNI AD, dan TNI AL yang membidangi Infolahta TNI.  

Firmansyah Lubis mengambil judul paparan “Pengelolaan Nama Domain go.id”. Pihak TNI diharapkan dapat mempelajari proses pengelolaan domain go.id dan desa.id yang telah dijalankan Direktorat e-Government sejak disahkannya Peraturan Menteri Kominfo Nomor 5 Tahun 2015 tentang Registrar Nama Domain Instansi Penyelenggara Negara. Dalam paparannya, Firmansyah juga mengingatkan akan pentingnya ketepatan pelayanan dengan SOP yang telah dibuat. Segala informasi mengenai pelayanan nama domain go.id dan desa.id dapat diakses melalui situs domain.go.id.  

Sesi Tanya jawab pun berlangsung tidak kalah serunya karena membahas bagaimana penanganan apabila terjadi serangan pada situs yang menggunakan domain go.id dan desa.id. Urgensi keberadaan pusat data di dalam negeri, dan keterlibatan TNI dalam Program Desa Broadband Terpadu yang digagas Kementerian Kominfo.  Direktur e-Government menjelaskan bahwa penanganan serangan terhadap domain dilakukan melalui kerja sama dengan ID-SIRTII yang biasanya akan memberitahukan adanya serangan ke situs pemerintah. Sementara itu, isu keharusan pusat data instansi pemerintah untuk berada di dalam negeri menjadi sangat penting karena sangat terkait dengan kedaulatan data nasional. (SYA)

My Twitter Updates