Berita
Скачать бесплатно шаблоны для Wordpress.
Новые шаблоны DLE 10 на dlepro.ru

Jakarta - Kementerian Kominfo meluncurkan mesin pengais konten negatif atau crawling. Sistem yang diberi nama Cyber Drone 9 ini akan dioperasikan di sebuah ruangan yang bernama Security Operation Center (SOC) di lantai 8 Kementerian Kominfo.

 

Tim CIMOL dengan hasil karyanya “Hoax Analyzer” memenangkan penghargaan GOLD (juara 1) dalam kategori Research and Development (R&D) pada AICTA 2017 yang diselenggarakan bersamaan dengan ASEAN Telsom/Telmin 2017 di Siem Reap, Kamboja, pada 30 Desember 2017. Tim CIMOL yang merupakan satu-satunya tim yang dikirim Indonesia melalui Kementerian Kominfo c.q Ditjen Aptika. Tim Cimol "Hoax Analyzer" adalah Tim 3 Mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) yaitu Adinda Budi Kusuma Putra dan Feriyandi Nurdiantoro serta Tiffany. Pada acara tersebut, Tiffany tidak dapat hadir karena sedang menempuh pendidikan paska sarjana di Jepang.

Jakarta - Pembangunan smart city bukanlah semata-mata tanggungjawab pemerintah pusat dan daerah, karena tanpa peran serta perusahaan swasta dan organisasi nirlaba, maka Master Plan smart city akan menjadi dokumen tanpa aksi nyata. Oleh karena itu, kami mendorong terjalinnya kemitraan antara pemerintah pusat dan daerah dengan pihak swasta dari berbagai bidang usaha, dan juga berbagai komunitas dalam masyarakat yang berperan aktif dalam mensukseskan program smar tcity ini, halter sebut merupakan kutipan dari sambutan Direktur Jenderal Aptika Semuel Pangerapan pada kegiatan Sosialisasi Gerakan Menuju 100 Smartcity tahun 2018 yang berlangsung di Ruang Serbaguna Kementerian Kominfo (13/12).

Kegiatan tersebut dihadiri tidak hanya dihadiri perusahaan yang bergerak dibidang TIK tetapi juga dibidang lain yang berkaitan dengan pembangunan. Dalam kegiatan tesebut dipaparkan hasil pelaksanaan kegiatan Gerakan menuju 100 Smartcity tahun 2018 yang yaitu 24 kota/kabupaten yang berhasil menyelesaikan roadmap Smartcity dengan tepat waktu. Adapun rencana di tahun 2018 diharapkan terpllih 75 kota/kabupaten yang akan di damping Kominfo untuk menyusun Master Plan Smartcity dan menyusun Quickwin Smartcity. (NVZ)

 

Jakarta – Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara,  meresmikan layanan surat elektronik mail.go.id sebagai email pemerintah terpercaya. mail.go.id merupakan layanan email khusus untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) yang menggunakan sertifikat digital dan terenkripsi. Peluncuran mail.go.id di diselenggarakan di ruang Serbaguna Kementerian Kominfo (11/12).

Menteri Rudiantara mengimbau para ASN agar semaksimal mungkin menghindari akun email gratis seperti Gmail atau Yahoo. Disamping masalah security email dari server di luar negeri akan memakan bandwidth internasional. Jadi kita akses ke hostingnya yang ada di luar negeri, balik lagi. Jadi bolak balik kaya gini terus, itu ongkos buat industri. Itu bagi negara, devisa keluar sebetulnya,” jelasnya saat Secara khusus ia mengakui sudah banyak kementerian yang menyediakan hosting email lembaga masing-masing. “Mungkin idealnya nanti, semua melebur ke dalam pns.mail.go.id tapi mungkin perlu masa transisi terutama untuk  K/L yang saat ini telah menggunakan  .go.id.

Sebelumya, pemerintah sudah merilis surat elektronik yang beralamatkan pnsmail.go.id pada 2013 lalu. Adanya penyederhanaan dan pengembangan dengan adanya fitur, pemerintah berharap para pengguna psnmail.go.id dapat migrasi ke mail.go.id. Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo Semuel A. Pangerapan mengatakan layanan mail.go.id merupakan pengembangan dari layanan pnsmail.go.id yang telah digunakan oleh lebih dari 93.000 pengguna PNS. “Layanan ini merupakan layanan email khusus pemerintah. Diharapkan layanan ini dapat menggantikan email PNS yang saat ini sebagian masih menggunakan email gratis asing. (mow)

 

Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Asosiasi E-Commerce Indonesia ( idEA) menandatangani nota kesepahaman untuk kerja sama layanan pendaftaran sistem elektronik (PSE). Pendaftaran PSE ini dilakukan di Kementerian Kominfo dan idEA. Namun, dengan interoperabilitas, maka cukup sekali proses dan bisa dilakukan hanya di idEA. Pendaftaran juga tidak dikenakan biaya," kata Menteri Kominfo Rudiantara dalam acara peluncuran layanan tersebut di hotel Aston Kuningan Suites (7/12)

PSE didasarkan pada ketentuan yang diatur dalam Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 36 Tahun 2014 tentang Tata Cara Pendaftaran Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik (PSTE). Saat ini sekitar 500 pemain bisnis e-commerce di Indonesia yang sudah terdaftar dalam sistem PSE. Dengan menggandeng IdEA melalui sistem interoperabilitas API maka diharapkan pendaftar akan lebih dapat dilaksanakan secara massif dan lebih luas. 

Direktur Jenderal Aptika, Semuel A. Pangerapan menyatakan melalui pendaftaran PSE via situs idEA ini, Kemkominfo  menjamin kerahasiaan data pelaku e-commerce dan  sebagai salah satu cara pemerintah membantu melindungi para pelaku bisnis e-commerce di Indonesia. Dengan mendaftar, maka penyelenggaraan sistem elektronik suatu perusahaan akan diakui, baik oleh pemerintah maupun idEA selaku asosiasi yang menaungi e-commerce. Pendaftaran PSE juga berfungsi untuk monitoring kegiatan e-commerce yang semakin tumbuh berkembang di Indonesia. (mow)

 

My Twitter Updates