Artikel
Скачать бесплатно шаблоны для Wordpress.
Новые шаблоны DLE 10 на dlepro.ru

Program 1 juta nama domain merupakan salah satu program unggulan dari Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan juga salah satu bagian dari program utama Dirjen APTIKA (Direktorat Jendral Aplikasi Informatika).  Tujuan dari program 1 juta domain adalah untuk meningkatkan konten-konten positif dan produktif di Internet. Dengan menggunakan server di dalam negeri dan domain .id yang merupakan domain Indonesia terpercaya.

Program satu juta nama domain diberikan gratis kepada masyarakat dalam kurun waktu 1 tahun. Satu juta nama domain mempunyai pengaruh dalam jangka pendek dan jangka panjang. Jangka pendeknya yaitu mendorong optimalisasi akses Internet dalam negeri dan mempercepat akses konten lokal. Sedangkan jangka panjang dari program I juta nama domain adalah membuat akses Internet menjadi lebih murah, karena untuk mengakses domain luar negeri dibutuhkan bandwidth internasional yang mahal.

 

Program 1 juta domain diperuntukkan untuk UKM, sekolah, pesantren serta komunitas dengan domain dan webhostingweb hosting Indonesia. Untuk domain usaha digunakan co.id, biz.id, web.id, .id. Sedangkan sekolah dan pondok pesantren menggunakan domain sch.id dan ponpes.id. Komunitas dan organisasi nama domain yang digunakan adalah or.id dan .id. Untuk desa nama domain yang dipakai adalah desa.id. Setiap UKM, usaha, sekolah, pondok pesantren, komunitas, organisasi, dan desa mempunyai persyaratan yang berbeda-beda dalam mendapatkan nama domain. Pada tahap 1, dilakuan pendampingan di 10 provinsi yaitu di Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Banten, Lampung, Riau, Sumatera Barat, Sulawesi Selatan dan Bali.

UKM dan usaha mempunyai persyaratan sebagai berikut: mempunyai produk dalam bentuk barang atau jasa yang dapat ditawarkan secara daring, berminat berjualan daring, berdomisili di wilayah Indonesia, memiliki akses ke koneksi Internet, memiliki surat ijin dari pemerintah sesuai dengan besaran usahanya, ada penanggung jawab Warga Negara Indonesia yang berusia minimal 17 (tujuh belas) tahun, penanggung jawab memiliki alamat di Indonesia dan nomor telepon yang dapat dihubungi, bersedia menyiapkan materi/produk barang/ jasa yang akan ditampilkan dalam situs Internet.

Sekolah dan pondok pesantren mempunyai persyaratan sebagai berikut: sekolah negeri dan swasta pada jenjang Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah, Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah atau Pondok Pesantren, sekolah/madrasah dan/atau pesantren berdomisili di wilayah Indonesia, sudah memiliki koneksi Internet, sebagai penanggung jawab adalah Kepala Sekolah/Madrasah atau pimpinan pondok pesantren yang bersangkutan, penanggung jawab memiliki alamat di Indonesia dan nomor telepon yang dapat dihubungi, bersedia menyiapkan materi yang akan ditampilkan dalam situs Internet.

Desa mempunyai syarat yang harus dipenuhi dalam mendaftarkan nama domain yaitu desa yang berada di wilayah Indonesia, memenuhi persyaratan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, bersedia menyiapkan materi yang akan ditampilkan dalam situs Internet, pendaftaran desa.id melalui registrasi instansi penyelenggara negara. Komunitas juga mempunyai persyaratan yang harus diikuti yaitu komunitas berada di wilayah Indonesia, ada penangung jawab Warga Negara Indonesia yang berusia minimal 17 (tujuh belas) tahun, penanggung jawab memiliki alamat di Indonesia dan nomor telepon yang dapat dihubungi, bukan merupakan Badan Usaha, sekolah, dan/atau desa, wajib menyiapakan materi yang akan ditampilan dalam situs Internet, memiliki anggota yang dapat dibuktikan melalui daftar anggota.

Desain Implementasi Program Satu Juta Domain

 

Program Satu Juta Domain rencananya akan dilaksanakan selama tiga tahun dengan masing-masing target 2016 sebesar 350.000, 2017 sebesar 350.000 dan 2018 sebesar 300.000 nama domain. Langkah-langkah untuk mencapai hal tersebut yaitu: 

  1. Koordinasi dan sosialisasi: Kominfo melaksanakan sosialisasi di daerah-daerah potensial penerima fasilitasi domain dan hosting bekerjasama dengan dinas/pemda setempat. 
  2. Pembentukan Tim Seleksi: melakukan seleksi terhadap data calon pengguna domain yakni UKM/StartUp/Sekolah.  
  3. Pembentukan Tim Pendamping Daerah: Tim Pendamping Daerah merupakan tenaga praktisi yang berasal dari daerah setempat.
  4. Seleksi calon penerima domain: Kominfo melakukan evaluasi dan verifikasi terhadap proposal. 
  5. Aktivasi domain dan hosting: bekerjasama dengan PANDI untuk aktivasi domain dan hosting.
  6. Pelatihan: untuk meningkatkan kemampuan teknis UKM dalam menjaga kualitas konten 
  7. Fasilitasi TIK bagi UKM: fasilitasi TIK bagi UKM yang diwujudkan dalam pembangunan Pusat Komunitas Kreatif  di daerah setempat.
  8. Pengelolaan Nama Domain Indonesia: melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan pengelolaan nama domain di Indonesia. 
  9. Monitoring dan Evaluasi: Kominfo melalui Forum Nama Domain Indonesia melakukan monitoring dan evaluasi berkala atas program Satu Juta Domain. 

Untuk dapat memperoleh fasilitasi domain gratis tersebut maka UKM dan sekolah atau pesantren dapat melakukan  pendaftaran dengan mengunjungi webwebsite 1 juta domain di https://1juta.id// . Persyaratan yang sudah diikuti oleh para calon pendaftar nama domain. Berikut cara mendaftarnya sebagai berikut:

 

 

 

Pertama yang harus dilakukan men-scan terlebih dahulu KTP dan dokumen pendukung sesuai persyaratan di web, lalu membuka daftar hosting. Id, kemudian klik pendaftaran, setelah itu daftar sesuai dengan ketentuan yang ada, upload KTP dan dokumen pendukung yang sudah di-scan, lalu isi formulir sesuai dengan data yang diminta diisi dengan benar dan sejelas-jelasnya, setelah itu jika disetujui oleh Kominfo bisa lanjut ke langkah berikutnya namun jika tidak harus kembali mengulang ke langkah pertama, setelah disetujui nama domain akan aktif dan dapat digunakan memlaui login CMS dan cPanel, kemudian jika sudah selesai dapat langsung ikut pendampingan yang manfaatnya adalah bisa belajar mengisi konten dalam web, lalu jika sudah ikut pendampingan maka web bisa di pakai dengan gratis dalam 1 tahun.

Kegiatan-kegiatan yang pernah dilakukan oleh 1 juta domain yaitu pada tanggal 5 Oktober 2016 telah dilaksanakan sosialisai dan pendaftaran domain secara gratis di Hotel Aston Tanjung Pinang Kepri. Kegiatan lain juga dilaksanakan pada tanggal 13 Oktober 2016 di Hotel Horison Lampung. 

dengan demikian program 1 Juta Domain ini merupakan program unggulan Kominfo yang mengajarkan masyarakat Indonesia untuk menggunakan web domain .id dalam dunia usaha, komunitas, sekolah, dan lain-lain, melalui sosialisasi dan pendaftaran secara langsung dan gratis, serta edukasi pengisian konten website .id. (mow)

 

My Twitter Updates


 

0